Tinggalkan komentar

Inheritance

Setelah membaca beberapa referensi akhirnya berhasil juga ngeblog lagi malam ini,

pada pembahasan kali ini kita akan membicarakan tentang

sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada

prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang

memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya

Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya.

Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek

Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.

Atau Inheritance yaitu pewarisan sifat-sifat suatu object kepada object turunannya.

okelah, cukup segitu aja penjelasa teorinya kita langsung aja ke contoh sourcecodenya
C#

namespace inheiretence_
{
    class Values
    {
        protected int r;
        protected const byte pi=22/7;
        public void Nilai(int a)
        {
            r=a;
             
        }
    }
  
    class luaslingkaran : Values
    {
        public int area ()
        {
            return (pi*(r*r));
        }
    }
  
    class kelilinglingkaran : Values
    {
        public int area ()
        {
             return ((pi*r) * 2);
        }
    }
  
    class Program
    {
        public static void Main(string[] args)
        {
              luaslingkaran a = new luaslingkaran();
              kelilinglingkaran b = new kelilinglingkaran();
              a.Nilai (7);
              b.Nilai (7);
              Console.WriteLine("Luas lingkaran = " + a.area());
              Console.WriteLine("Keliling lingkaran = " + b.area());
              Console.ReadKey();

a


JAVA


package inheiretencejava;
 
/**
 *
 * @author imam
 */
class Values
{
    protected int r;
    protected final byte pi=22/7;
    public void Nilai(int a)
    {
        r=a;
    }
}
 
class luaslingkaran extends Values
{
    public int area ()
    {
        return (pi*(r*r));
    }
}
 
class kelilinglingkaran extends Values
{
    public int area ()
    {
         return ((pi*r) * 2);
    }
}
 
public class Main {
 
    public static void main(String[] args) {
         luaslingkaran a = new luaslingkaran();
         kelilinglingkaran b = new kelilinglingkaran();
         a.Nilai (7);
         b.Nilai (7);
         System.out.println("Luas lingkaran = " + a.area());
         System.out.println("Keliling lingkaran = " + b.area());
    }
 
}


a


C++
#include <iostream>
 
using namespace std;
 
class Values {
protected:
    int r;
    #define phi 22/7
    public:
    void Nilai(int a)
    {
        r=a;
 
    }
};
 
class luaslingkaran: public Values {
    public:
    int area ()
    {
        return (phi*(r*r));
    }
};
 
class kelilinglingkaran: public Values {
    public:
    int area ()
    {
          return ((phi*r) * 2);
    }
};
 
int main () {
    luaslingkaran a;
    kelilinglingkaran b;
    a.Nilai (7);
    b.Nilai (7);
    cout << "Luas lingkaran = " << a.area() << endl;
    cout << "keliling lingkaran = "<< b.area() << endl;
    return 0;
}

a

Tinggalkan komentar